Cara mudah Menanam Bunga Mawar dalam Pot

bunga mawar merah
Menanam Bunga Mawar Dalam Pot - Tak dapat disangkal lagi bahwa keindahan bunga mawar memberikan pesona yang luar biasa bagi yang melihatnya. Selain warnanya yang eksotik bunga mawar juga identik dengan lambang cinta. Jadi keingat jaman sekolah dulu hehehe… sok ngasih bunga mawar ke teman wanita pujaan saat hari valentine. Ngaco aja nih,,, sok-sokan romantis walau Cuma modal bunga mawar. Tapi itulah keunggulan bunga mawar, dapat mewakili perasaan seseorang. Karena tidak semua orang mampu mengatakan perasaan cinta pada pujaan hatinya, maka dengan setangkai bunga mawar anda sudah mengatakannya.

Bunga mawar yang harum baunya dapat dengan mudah kita jumpai di mana saja. Ada kalanya cukup ditancapkan batangnya ke tanah saja sudah hidup, meski tidak seindah jika kita menanam, merawat dengan penuh cinta. Dalam artikel sederhana ini akan dibahas bagaimana cara menanam bunga mawar di dalam pot. Paling simpel sih kalo menurut saya ya beli saja di kios bunga. Tinggal dipilih mana yang disukai trus bayar, tinggal bawa pulang,, beres..  sok jadi orang berduit saja main beli… iya kalo Cuma satu, kalo banyak mesti habis berapa duit..

Kebanyakan ngaco nya nih… langsung ajah ya barangkali saja bermanfaat untuk anda para penggemar bunga mawar.  Berikut ini tahapan yang mesti anda lakukan yang saya ambil dari beberapa sumber:

1.    Tips Memilih Bibit
Pemilihan bibit merupakan hal terpenting sebelum menanam bunga. Pilih bibit jenis bunga mawar yang kamu sukai dan bibit harus benar-benar bagus.

2.    Persiapan Lahan
Kalau anda tinggalnya dikota saya yakin akan sulit mencari tanah untuk media. Paling gampang ya beli media tanah yang sudah dicampur dengan kompos di kios bunga. Intinya tanah yang dimasukkan di dalam pot, sebaiknya tanah yang di gunakan jenis tanah yang bagus atau subur.Untuk membuat tanah yang bagus atau subur kamu cukup mencampurkan tanah yang gembur dengan pupuk kandang/kompos serta campurkan juga sekam untuk menampung atau pengikat air dalam tanah.

3.    Proses Penanaman Bunga
Kamu bisa langsung saja menanamkan bibit bunga mawar di tanah yang kita siapkan dalam pot tadi.Untuk memenuhi kebetuhan air pada bunga mawar, setelah bibit di tanam kamu harus rutin menyiram tanah di sekitar bibit yang kita tanam tadi, dan ingat hanya tanah di sekitar bibit yang disiram.Penyiraman yang berlebihan akan membuat bibit yang masih kecil menjadi busuk dan mati.

4.    Perawatan
Pada proses perawatan yang perlu kamu perhatikan adalah pemberian asupan air dan nutrisi dengan cara memberikan pupuk organik atau bisa juga pupuk anorganik,dan kemudian melakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.Lihat kondisi tanah jika sudah terlalu padat, maka kamu perlu melakukan penggemburan tanah. Karena tanah yang padat akan mengurangi peresapan air maupun zat pupuk yang di butuhkan bunga.

Ketika bunga mawar sudah terlihat rimbun, jangan lupa untuk memangkas beberapa dahan dari bunga tersebut, tujuannya untuk memunculkan dan memperbanyak bunga, kemudian yang terpenting terakhir jangan lupa untuk membersihkan pot bunga dari rumput atau gulma yang mengganggu.

7 komentar:

  1. kalo udah di pangkas, bibit barunya dimana yaa

    BalasHapus
  2. makasih ya untuk infonya...

    BalasHapus
  3. Thanks infonya :D
    bermanfaat sekali....

    bunga mawar juga banyak macamnya
    di http://kebunbibit.com/search?orderby=position&orderway=desc&submit_search=Search&search_query=mawar kita tinggal pilih nih mawar yang mana yang kita suka

    ada tanaman dan bibitnya ^_^

    BalasHapus
  4. Salam Ziarah dari Malaysia.. Saya suka sekali dengan bunga mawar.. Sekarang sedang berjinak-jinak menanam mawar :)

    BalasHapus
  5. Info yang bagus ,sangat bermanfaat terimakasih ya buat Admin nya,!
    DiL'La Al-zahri selamat mencoba ya di rumah!

    BalasHapus
  6. bisa gak si setangkai bunga mawar itu kita tanam?
    jika iya bagaimana caranya?

    BalasHapus